Kadiskes Bali: PHBS Kunci Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19

Beranda Berita Kadiskes Bali: PHBS Kunci Pencegahan Penyebaran Virus Covid 19

“Mari kita senantiasa berperilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Karena hal ini dapat mencegah secara dini penyebaran Virus Covid 19,”kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung, dr. Ni Made Adi Swapatni.

Lebih lanjut, dr Ni Made Adi Swapatni mengungkapkan, kegiatan Pelatihan Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung difasilitasi dengan baik oleh UPTD Bapelkesmas Provinsi Bali. “Kami sangat berterima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan Kepala UPTD Bapelkesmas. Karena bantuannya, kegiatan kami bisa terlaksana dengan baik,”katanya.

Dokter Made juga menuturkan, kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama 3 hari, yaitu dari Kamis, 27 Mei 2021 sampai dengan Senin, 31 Mei 2021.”Pelatihan ini memang disiapkan untuk mempercepat pencapaian program yang telah direncanakan sebelumnya bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bali,”paparnya.

Selama Pandemi akibat virus Covid-19 tegasnya, banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi pedagang makanan baik berdagang langsung maupun online, sehingga diperlukan pemahaman masyarakat tentang PHBS dalam pengolahan makanan.

“Disinilah peran tenaga puskesmas sebagai Penyuluh Keamanan Pangan dalam memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya Higiene dan sanitasi pengolahan pangan,”katanya..

Di sisi lain, dokter Made juga berpesan, agar para peserta mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh tumbuh kembangkan loyalitas. “Pelatihan ini dapat dijadikan sebagai wahana tukar menukar pikiran, pengalaman, dan diskusi serta komunikasi untuk menambah wawasan. Gunakan kesempatan ini untuk menambah pengetahun dan keterampilan yang nantinya dapat menunjang kelancaran tugas di puskesmas,”imbuhnya.

Sementara itu, Ketua panitia kegiatan, yaitu Kepala UPTD Bapelkesmas, menyampaikan bahwa, jumlah peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah 18 orang yang berasal dari seluruh puskesmas di Kabupaten Klungkung.

“Semua peserta yang dilatih ini akan ditugaskan sesuai dengan tugas pokok serta fungsi masing-masing. Sehingga program yang direncakan sebelumnya oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klungkung bisa terlaksana sesuai dengan harapan.”paparnya. (Humas Dinas Kesehatan Provinsi Bali).

Virus Covid 19
Ka. UPTD Bapelkesmas Dinas Kesehatan Provinsi Bali Ni Made Parwati Mendampingi Ka. DInas Kesehatan Kabupaten Klunkung Dalam Pelatihan Penyuluh Keamanan Pangan (PKP) Sebagai Upaya Pecegahan Virus Covid 19