Hoaks : Bawang Putih Sembuhkan Corona

Beranda Berita Hoaks : Bawang Putih Sembuhkan Corona
Masyarakat Bali Harus Waspada

Fenomena informasi yang beredar di masyarakat bahwa bawang putih dapat menyembuhkan virus corona tidak benar adanya, hal ini diungkapkan langsung oleh Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Anung Sugihantono. Beliau mengimbau masyarakat untuk berhati-hati pada pihak-pihak yang menyebutkan bahan-bahan tertentu sebagai obat.

Pasalnya, fenomena tersebut sudah terjadi. Beberapa waktu lalu, ada yang menginformasikan bahwa bawang putih adalah penawar virus corona. “Yang harus diwaspadai saat ini adalah kemudian ada orang-orang tertentu, kelompok tertentu yang mengintrodusir bahan-bahan tertentu,” ujar Anung. Selain itu beliau juga mengatakan kemarin yang sudah muncul bawang putih, semua makan bawang putih padahal bawang putihnya impor nah nanti kita malah kebanyakan impor.

Kadiskes Bali dr. Ketut Suarjaya mengatakan hingga saat ini belum ditemukan vaksin yang dapat menyembuhkan Virus Corona. WHO masih bekerja keras untuk menemukan vaksin yang tepat untuk menangkal penyebaran Virus Corona. Jadi berita yang mengatakan bahwa bawang putih dapat menyembuhkan Virus Corona tidak benar adanya, kata beliau. Masyarakat Bali diharapkan untuk tetap tenang dan waspada menanggapi informasi yang berhubungan dengan bahan-bahan yang dapat menyembuhkan Virus Corona. Selain itu, hingga saat ini juga belum dapat dipastikan bahwa makanan dapat menularkan virus yang pertama kali merebak di Kota Wuhan, China itu

Terapkan Pola Hidup Sehat

Untuk menghindarkan diri dari serangan virus corona, Kadiskes mengingatkan masyarakat untuk terus menjaga daya tahan tubuh. Imunitas yang kuat didapatkan dari gaya hidup yang sehat. Hidup sehat yang paling sederhana adalah dengan cukup makan, cukup istirahat, dan cukup berolahraga.

Direjn P2P Kemenkes juga menyarankan publik untuk tak beraktivitas secara berlebihan apa pun bentuknya, termasuk berlebihan dalam berolahraga karena hal itu justru akan menurunkan imunitas. Selain itu, Direjen P2P juga meminta masyarakat untuk mencukupi kebtuhan vitamin. Akan tetapi, kadar vitamin pun disarankan untuk tak berlebih. Jika makanan yang dikonsumsi sudah cukup mengandung vitamin, maka tidak dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen-suplemen yang diproduksi oleh perusahaan.

Rebusan Air Bawang Putih

Adapun narasi yang menyatakan bahwa bawang putih dapat menyembukan virus corona adalah sebagai berikut :

“Ini bawang putih yang besar ambil 8 biji, dikupas kulitnya ditaruh mangkuk dituang 7 gelas air mendidih selama 3 menit setelah itu diminum langsung 2 gelas, ternyata pasien yang kena virus corona sembuh di hari kedua/setelah malam minum air bawang putih ini!!!!”. Selain itu juga dilengkapi dengan video yang menampilkan seorang perempuan memegang satu genggam bawang putih dan menjelaskan suatu hal dalam bahasa Mandarin.

Menanggapi hal tersebut menurut informasi yang didapatkan melalui Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto menegaskan, informasi terkait air rebusan bawang putih untuk menyembuhkan virus corona adalah tidak benar (hoaks). Rebusan bawang putih menurut informasi dari UPTD Kestrad Diskes Provinsi Bali dapat mengurangi sakit kepala migrain namun hindari takanan berlebih. Tidak diperkenankan bagi yang sedang mengkonsumsi obat pengencer darah, ibu hamil dan yang sensitif terhadap bawang putih.