Bali Raih Juara UKS Tingkat Nasional

Beranda Berita Bali Raih Juara UKS Tingkat Nasional

TP UKS Provinsi Bali kembali mengantarkan Sekolah Binaannya untuk meraih juara Lomba Sekolah Sehat tingkat nasional (13 November 2019). Setelah di Tahun 2018 kemarin juga mendapatkan juara dikategori TK dan SMP. Lomba sekolah sehat berkarakter tingkat nasional tahun 2019 diwakili oleh SD Negeri 3 Banjar Jawa dibawah binaan TP UKS Kabupaten Buleleng dan Kecamatan Buleleng memperoleh juara pertama. Juara pertama tersebut untuk kategori Sekolah Dasar dengan Kinerja Terbaik (Best Performance). Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bali menerima penghargaan tersebut ditemani oleh TP UKS Kabupaten Buleleng. Lomba Sekolah Sehat (LSS) ini diselenggarakan oleh 4 Kementerian yaitu Kementerian Kesehatan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Agama.

Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengatakan bahwa kita membangun sekolah sehat berkarakter dengan mengangkat konsep budaya lokal Bali yang intinya dalam penilaian LSS Tingkat Provinsi tidak melihat fisik dari sekolah tetapi mengedepankan program yang berjalan dengan baik di Sekolah. Dampak tersebut diharapkan dirasakan langusng oleh peserta didik dan masyarakat.

Sekolah sehat bertujuan untuk mewujudkan sumberdaya manusia yang berkualitas. Dalam mewujudkan tersebut tentunya dibutuhkan upaya-upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan secara terus menerus. Berdasarkan hasil Riskesdas tahun 2013 dan GSHS tahun 2015, situasi kesehatan anak usia sekolah masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Diantaranya masih kurangnya kebiasaan sarapan serta konsumsi sayur dan buah, aktivitas fisik yang masih rendah, jarangnya anak usia sekolah yang mencuci tangan dengan sabun, konsumsi alkohol dan merokok yang tinggi serta banyaknya anak usia sekolah yang meras kesepian dan khawatir berlebihan sehingga menimbulkan keinginan untuk bunuh diri.

Pembiasaan PHBS disekolah menjadi suatu kebutuhan sehingga diharapkan setiap sekolah melaksanakan UKS yang terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar. Pelaksanaan kegiatan UKS tersebut memerlukan sarana dan prasarana yang memadai. Sejak tahun 1984 dengan dikeluarkannya SKB 4 Menteri (Departemen Kesehatan, Departemen Agama, Departemen Pendidikan Nasional dan Departemen Dalam Negeri) program UKS mulai diterapkan secara terintegrasi dengan lintas sektor terkait. Selanjutnya pada tahun 1991 dilakukan Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional. Penilaian dilakukan oleh 4 Kementerian (Kemenkes, Kemendikbud, Kemendagri dan Kemenag) di Tiap Provinsi.

Pada lomba sekolah sehat tahun ini terdapat tiga kategori pemenang. Terdiri dari Kategori Sekolah Dengan Kinerja Terbaik (Best Performance), Kategori Sekolah Dengan Pencapaian Prestasi Terbaik (Best Achievement) dan Kategori Sekolah Dengan Pencapaian Perilaku Terbaik (Best Attitude Character). Masing – masing kategori terdiri dari tiga juara setiap jenjang mulai dari TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA.