Diskes Bali adakan Lokakarya Akreditasi

Beranda Berita Diskes Bali adakan Lokakarya Akreditasi
Dorong Peningkatan Mutu Layanan di Puskesmas

visi dan misi pembangunan Bali yaitu Nangun Sat Kerthi Loka Bali bertujuan untuk mewujudkan kehidupan krama dan gumi Bali yang sejahtera dan bahagia. Kesehatan ditandai dengan harmonisasi hubungan antara manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam. Saat keseimbangan hubungan tersebut tercapai maka manusia akan sehat seutuhnya. Salah satu faktor yang mendukung dalam mewujudkan krama bali yang sehat adalah peningkatan mutu pelayanan kesehatan yang sesuai standar melalui akreditasi di fasilitas kesehatan baik fasilitas kesehatan primer (Puskesmas) ataupun fasilitas kesehatan rujukan (Rumah Sakit). Untuk mendorong fasilitas kesehatan primer (Puskesmas) untuk melaksanakan akreditasi maka Dinas Kesehatan Provinsi Bali mengadakan Lokakarya Mutu dan Akreditasi Puskesmas. Bertempat di B Hotel Denpasar, 2-5 Juli 2019 kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh Pemegang Program Yankes di Dinas Kab/kota.

Kadiskes Bali dr. Ketut Suarjaya berharap dengan adanya lokakarya ini dapat menyamakan persepsi dalam pembinaan  akreditasi baik tingkat kabupaten/Kota maupun Puskesmas dan diterapkan di masing-masing instansi untuk mendorong puskesmas dalam meningkatkan mutu layanan kesehatannya melalui akreditasi dengan standar yang maksimal. Di Provinsi Bali Tahun 2019 capaian akreditasi dari 120 Puskesmas sudah semua terakreditasi. Dari 120 puskesmas : a) Paripurna : 1 Pusk, b)Utama: 18 Pusk, c) Madya : 64 Pusk dan d) Dasar : 37 Pusk. “Artinya sekitar 101 Puskemas di Bali harus didorong ke tingkat akreditasi yang lebih tinggi yaitu Paripurna atau Utama”, kata beliau.

Upaya Peningkatan Layanan Kesehatan

Dalam upaya peningkatan layanan kepada masyarakat oleh fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) telah dilakukan berbagai upaya peningkatan mutu dan kinerja antara lain dengan pembakuan dan pengembangan system manajemen mutu, peningkatan kemampuan klinis serta upaya perbaikan kinerja berkesinambungan baik dalam penyelenggaraan manajemen dan upaya-upaya kesehatan.

Pelayanan kesehatan primer merupakan pelayanan kesehatan essensial yang dibuat dan bisa terjangkau secara universal oleh individu dan keluarga di dalam masyarakat. Fokus dari pelayanan kesehatan primer luas jangkauannya dan merangkum berbagai aspek masyarakat dan kebutuhan kesehatan. Layanan kesehatan di tingkat primer merupakan tulang punggung pelayanan kesehatan di Indonesia terutama dalam era Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

KadiskesBali membuka pertemuan lokakarya akreditasi didampingi oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan